Eks Ketua MK Saran Vonis Anas Urbaningrum Dieksaminasi

    0
    231

    JAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva menyarankan agar vonis kasasi Mahkamah Agung (MA) yang memperberat hukuman mantan Ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dilakukan eksaminasi. Eksaminasi ini bertujuan agar publik maupun kalangan akademisi bisa menilai maupun mengoreksi putusan Artidjo Alkostar dan majelis hakim lainnya.

    “Saya belum membaca putusan detail. Jadi perlu eksaminasi harus mempertimbangkan secara akademik, apakah memenuhi syarat atau tidak,” kata Hamdan usai diskusi di Restoran Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2015).

    Hamdan mengatakan, vonis kasasi Anas menjadi tepat jika para hakim Agung bertumpu pada pasal dan putusan yang sudah dijatuhkan pengadilan tingkat pertama dan tingkat banding. Namun jika sebaliknya, maka putusan MA pantas untuk dikoreksi kembali.

    “Setelah akademik itu baru bisa dilihat (vonis kasasi Anas) benar atau salah,” ujarnya. Maka itu, Hamdan berpendapat, vonis kasasi MA terhadap Anas Urbaningrum bukan akhir dari segalanya untuk mencari keadilan.

    Seperti diketahui, Majelis hakim kasasi MA menambah hukuman Anas menjadi 14 tahun penjara dari hukuman sebelumnya delapan tahun penjara. Serta denda Rp5 miliar subsider satu tahun empat bulan kurungan.

    Majelis juga menolak upaya hukum kasasi yang diajukan terdakwa kasus korupsi dan pencucian uang proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang, Bogor, Jawa Barat itu. Tak hanya itu, hakim juga memutuskan mencabut hak politik Anas untuk memilih dan dipilih dalam politik.

    (ico)

    sumber: sindonews.com

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here