FOTO: DIKSARNAS SIGAP

    0
    268

    DIKSARNAS SIGAP

    Menghadiri Pembukaan DIKSAR nasional Syarikat Islam Tanggap Bencana (SIGAP) I di Kecamatan Pejawaran Banjarnegara. Alhamdulillah, diikuti oleh hampir 200 peserta, para pemuda yang sehat, cerdas, terampil, dan peduli.

    Banjarnegara merupakan daerah yang banyak memiliki kawasan Rawan Bencana Justru melahirkan relawan relawan tangguh yang kemudian dikonsolidasikan oleh DPC Syarikat Islam dalam SIGAP Banjarnegara. Berawal dari SIGAP Banjarnegara kemudian lahirlah SIGAP di daerah lain hingga kemudian membentuk Sigap Nasional.

    Dalam upaya membentuk Banjarnegara sebagai Kawasan Kesiapsiagaan Bencana, Sigap juga membangun desa penyangga umtuk menerima penyintas dari desa terdampak bencana dan memperlakukannya sebagai subjek.

    Kultur Syarikat Islam yang telah terbangun selama puluhan tahun di Banjarnegara, menjadikan para kaum memiliki rasa peduli, saling asah dan asuh, kasih sayang, persatuan, ersaudaraan, saling menghormati dan menjaga antara sesama kaum dan juga terhadap warga lainnya, merupakan modal dasar yang kokoh dalam membangun Desa Penyangga.

    Sehingga apabila terjadi bencana yang tidak diharapkan, para terdampak tidak lagi ditempatkan di barak barak, tetapi akan ditempatkan di rumah rumah penduduk di desa penyangga. Privasi mereka tetap terjaga, mereka tidak diperlakukan sebagai objek tetapi sebagai saudara dan akan cepat proses pemulihan trauma.

    Selamat dan sukses buat SIGAP

    sumber: facebook @willy.tjokro

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here