Tokoh Sarekat Islam Masuk Layar Lebar

    0
    229

    Perseteruan Komisi Pemberantasan Korupsi dan polisi jitu menggelapkan cakrawala politik dan menyeret masyarakat luas dalam kebimbangan dan, mungkin, apatisme politik. Ini kontras dengan kondisi di awal usia Republik, saat politik, meski kencang dalam perseteuan, namun tetap punya nafas kuat dalam melayani dan menyelesaikan aneka persoalan masyarakat. Kondisi itulah yang antara lain mendorong suhu perfilman Garin Nugroho merasa perlu mengangkat hidup dan perjuangan tokoh Syarikat Islam, Tjokroaminoto, ke layar kaca.

    Melalui karyanya yang tayang pada 9 April 2015 mendatang, Garin berharap filmnya bisa mengedukasi masyarakat, khususnya generasi muda, untuk menjalankan politik yang berdikari, seperti yang ditekankan Tjokroaminoto semasa hidupnya.

    “Indonesia memiliki sejarah politikus tangguh yang luar biasa. Bukan politikus yang gemar cari perhatian seperti saat ini,” katanya.

    Pahlawan nasional bernama asli Oemar Said Tjokroaminoto lahir di kalangan bangsawan Jawa dengan keislaman yang kuat. Meski ningrat, dia bekerja sebagai kuli pelabuhan sehingga bisa merasakan penderitaan rakyat jelata.

    Tjokro berjuang membangun organisasi Sarekat Islam, organisasi resmi bumiputera pertama terbesar dengan 2 juta anggota. Dia berjuang untuk menyamakan hak dan martabat masyarakat Indonesia di awal tahun 1900.

    (Eja/Berita Satu/tjokromovie.com)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here