Sidang Isbath Penetapan Awal Syawal 1404

    0
    306

    Jakarta , jendelanews.co.id–Penetapan 1 Syawal 1440 H jatuh pada tanggal 5 Juni 2019, pada hari Rabu berdasarkan hasil Sidang Isbat  yang dilaksanakan di Auditorium HM.Rasjidi, Kementrian Agama RI, Jalan MH.Thamrin Jakarta Pusat, (3/6/2019), pukul 19.00 WIB.

    Mekanisme Sidang Isbat, dihadiri Kementrian Agama Lukman Hakim, Ketua MUI Yunard dan Ketua Komisi 8 DPR RI Ali Taher, pada Konferensi pers dihadapan para Awak media, Sidang Isbat sendiri dihadiri para Duta besar Negara Sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan BMKG, Lembaga Penerbangan dan Antariksa(LAPAN), Badan Informasi Geopasial (BIG), Bosscha Institut Tehnologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak, Penjabat Eselon 1 dan II, Kementrian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

    Lukman menjelaskan, hilal yang dipantau tim berada di antara -1 derajat 26 menit hingga -0 derajat lima menit. Itu artinya dari seluruh di tanah air kita posisi hilal berada di bawah ufuk.

    Sidang Isbat, menurut dia, juga mendengar laporan dari petugas rukyat hilal Kemenag yang bekerja di bawah sumpah. Mereka tersebar tidak kurang dari 105 wilayah tanah air.

    “Tidak satupun di antara mereka yang melihat hilal. Maka sebagaimana ketentuan, kaidah yang berlaku selama ini bahwa ketika hal itu terjadi, maka ramadhan tahun ini digenapkan jadi 30 hari,” ujar Lukman.

    “Itu artinya besok hari selasa kita masih berpuasa dan dengan demikian 1 Syawal 1440H jatuh pada hari Rabu 5 Juni 2019. Itulah hasil sidang Isbat kita kali ini,” lanjutnya.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here