Kanker Bisa Sembuh!!

0
223

Jakarta, 29 Agustus 2019, Indonesian Cancer Information and Support Center (CISC),  komunitas ini  berupaya melindungi hak kesehatan pasien kanker payudara HER2-positif dan mendorong perbaikan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sejak stadium dini.

Untuk memberikan infomasi yang lebih luas, CISC for HER2 menyediakan saluran komunikasi digital pada Facebook Fan Page lndonesia for HER 2. Ruang ini tak terbatas bagi pasien kanker payudara HERZ-positif, penyintas maupun keluarganya saja, melainkan masyarakat secara umum yang memiliki kepedulian pada kanker payudara HER2-positif. Mulai hari ini, CISC for HERZ menggelar Lomba Tulis Cerita tentang HER2-positif di Facebook Fan Page Indonesia for HERZ. Lomba terbuka untuk umum dan berakhir pada tanggal 1 Oktober 2019. lnfonnasi lomba selengkapnya dapat dilihat pada Facebook Fan Page lndonesia for HER2.

Ketua Umum CISC, Aryanthi Baramuli Putri, SH, MH, menyampaikan, “Melalui lomba tulis ini, kami berharap agar peserta dapat meneruskan suara pasien kanker pavudara HERZpositif, mengenai tantangan dan harapan, antara lain deteksi dini, skrining dan pengobatan kanker standar.”

Pemerintah Indonesia berupaya memenuhi kesehatan warga negara dengan menyediakan pengobatan, salah satunya melalui program JKN-KIS pada tahun 2014. Namun, pelaksanaaan program JKN yang dikelola BPJS Kesehatan ini kerap menghadapi tantangan, seperti keterbatasan sumber daya manusia dan kompetensinya, infrastruktur serta pembiayaan yang berujung pada defisit. Salah satu dampaknya, hak kesehatan pasien belum terpenuhi dengan optimal sesuai standar medis.

Menurut data Globocan 2018, kanker payudara termasuk dalam lima jenis kanker  denganinsiden  kematian tertinggi di dunia. Lebih dari 2 ]uta kasus kanker payudara baru di dunia dan paling banyak ditemukan pada perempuan. Di Indonesia, ada sekitar 22.000 kematian atau 17 per 100.000 pasien kanker payudara. Angka ini lebih tinggi diband ngian dengan negara tetangga seperti Thailand (10,9 kematian per 100.000) dan Vemam (10,5 kematian per 100.000).

Dr. Ronald A. Hukom, MHSc, Sp.PD-KHOM menyebutkan tingginya kematian akibat kanker dapat dicegah, melihat angka kesembuhan (survival) akibat berbagai jenis kanker yang meningkat tajam, seperti di Amerika dan Eropa. Di Inggris, pasien kanker payudara saat ini memiliki harapan hidup 10 tahun sekitar 80% sejak diagnosis awal, dibanding hanya 40% pada awal tahun 1970an.

Sekitar 20-25% kanker payudara di Indonesia merupakan jenis HERZ-positif yang bersifat lebih ganas. Pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dengan HERZ-positif ini lebih agresif dibandingkan jenis kanker payudara lainnya. Status HERZ perlu diketahui pasien kanker payudara karena kelompok HERZ-positif memiliki kemungkinan pengobatan anti HERZ. Jika melakukan pengobatan anti HERZ dan penanganan dengan benar, maka harapan sembuh dapat meningkat secara bermakna. Satu studi di Amerika (Yale dan MD Anderson) bahkan menghasilkan angka median Survival 5.5 tahun pada kanker payudara HERZ-positif yang sudah metastatik (stadium IV).

Dr. Farida Briani Sobri, Sp.B.Onk menyampaikan “Terapi sistemik kanker payudara subtipe Herz menurut banyak penelitian berskala internasional yang hasilnya sejak 1998 hingga sekarang secara konsisten memperlihatkan keuntungan bagi pasien, adalah terapi yang mengandung terapi target. Problemnya, obat ini dianggap obat mahal.” Dr. Farida Briani Sobri, Sp.8.0nk menambahkan ; ”Di luar masalah Trastuzumab sendiri, sebenarnya pelayanan di hampir semua rumah sakit pemerintah di Indonesia masih banyak yang seharusnya diperbaiki, baik dari aspek prosedur diagnostik maupun pengobatan kanker payudara, yang hasilnya bukan hanya akan lebih sesuai dengan standar terapi yang benar, namun juga akan lebih menghemat pengeluaran JKN.”

Tentang CISC

indonesian Cancer Information and Support Center (CISC) merupakan komunitas kanker Vang berpusat di Jakarta sejak tahun 2003 yang kini telah tersebar hingga 10 cabang yaitu Semarang, Batam, Manado, Yogyakarta, Padang, Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan. Komunitas ini aktif membagi informasi seputar kanker melalui grup dukungan maupun seminar edukasi, melakukan pendampingan pasien kanker hingga mengelola rumah singgah bagi pasien kanker.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here