JAPNAS Gelar Business Matching, Jajaki Pasar ASEAN

0
19

Jakarta, jendelanews.co.id — Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS) bersama Young Enterpreneur Network Development (YEN-D) Indonesia pada tanggal 20-22 September 2019 akan melaksanakan JAPNAS-YEN D South East Asia Business Matching 2019 yang akan dilaksanakan di JW Marriot Hotel, Jakarta.
JAPNAS-YEN D SEA BM 2019 merupakan tindak lanjut dari  kerjasama IMT GT yang dikomandoi oleh Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian. Pertemuan pertama dilaksanakan di Thailand, pada maret 2019.

Acara ini akan dihadiri sedikitnya 300 pengusaha yang terdiri dari 200-an pengusaha lndonesia, 70 Pengusaha YEND Thailand, 10 Staff Kementrian Ekonomi Thailand yang dipimpin oleh Dirjen Perekonomian Kementerian perekonomian Thailand, pengusaha Malaysia, pengusaha Myanmar, serta undangan pengusaha asing yang melakukan kegiatan usaha Indonesia. ‘ Pendaftaran awalnya kita buka di japnasyend.com. Dengan tingginya animo dari pengusaha di kawasan Asia Tenggara, terhitung sejak tanggal 17 September 2019 pukul 00.00 pendaftaran sudah kami tutup. Sebab sudah over capacity,” ungkap Ketua Pelaksana JAPNAS-YEN D SEA BM 2019 Masbukhin Pradana.

Para peserta JAPNAS-YEN D SEA BM 2019 dikelompokkan menjadi 16 sektor yang terdiri dari : 1. Accessory, Jewelry, Cosmetics, Fashion & Apparel 2 Agriculture (Farming, Feeds, Livestock etc.) 3 Automotive, Transportation & Logistics 4. Clothing and Garments S. Tooling & Construction 6 Consumer Goods & Services 7 Education 8. Electric Goods, Gadgets & Home Appliances 9. Food & Beverage, Restaurant 10. Furniture 11. Marine industry 12. Packaging 13. Pharmaceuticals & Biotechnology 14. Real estate 15. Technology & Digital Services 16. Energy & Mining

” Dengan membagi menjadi 16 sektor ini kami harapkan dapat mewakili unit-unit usaha yang dapat bersinergi secara riil. Kami ingin dorong para pengusaha untuk menjalin kerjasama B to B. Sehingga target kerjasama sebesar Rp 1 triliun dapat tercapai,” lanjut Masbukin.

Dalam kesempatan tersebut, Masbukin juga menyampaikan bahwa JAPNAS-YEN D SEA BM merupakan upaya riil JAPNAS menjajaki pasar ASEAN. “ JAPNAS –YEN D SEA BM 2019 merupakan upaya kami membuka pasar yang lebih luas bagi member kami. Inilah tugas organisasi kami yang paling utama,” lanjutnya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Umum PP JAPNAS Bayu Priawan Djokosoetono mengungkapkan bahwa JAPNAS -YEN D SEA BM 2019 merupakan manifestasi dart positioning JAPNAS sebagai Action Group. “ DNA JAPNAS adalah Action Group. Artinya kami Iebih cenderung pada program-program pengayaan pasar, membangun sinergitas, kerjasama usaha, dan maping pasar yang tentu saja program-program ini memberi manfaat bagi member kami,” Papar Bayu.

Bahkan, lanjut Bayu, Business Matching bukan kali ini saja dilaksanakan. “ Secara pen’odik kami juga telah melaksanakan Business Matching di seluruh provinsi yang sudah ada JAPNAS-nya. Kami akan laksanakan secara periodik, sehingga para anggota kami benar-benar mendapatkan manfaat riil berorganisasi. Selain itu dapat dengan adanya Business Matching di wilayah-wilayah akan mengangkat potensi usaha di wilayah tersebut,” pungkas Bayu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here