Pencegahan Dan  Pengendalian Hepatitis di Lembaga Pemasyarakatan

0
13

Jakarta , jendelanews.co.id — Sejalan dengan program kesehatan masyarakat Dirjen lapas dan kementrian kesehatan melakukan Diseminasi hasil tes Hepatitis C bagi tahanan dan Narapidana Dan penyuluhan Hepatitis B.
Program yang di harapkan mampu mengidentifikasi jenis dan jumlah pengidap virus hepatitis di lingkungan lembaga permasyarakatan ternyata mendapat respon yang baik dari para penghuni lapas.
Dari target 17.000 orang napi tercapai 17.400  napi yang berhasil di berikan pemeriksaan, melebihi target.

Dirjen PAS Sri Puguh Budi mengatakan , Kondisi lapas saat ini yang melebihi jumlah kapasitas membuat interaksi sesama penghuni di dalam ruangan dan petugas yang menyebabkan lebih cepat prevalansi nya. Untuk itu, tes ini akan dijadikan kegiatan penting dan strategis untuk dilakukan di lapas dan rutan di seluruh Indonesia. Apalagi, lanjut dia, kapasitas lapas dan rutan di Indonesia hanya 128.000, tetapi harus menampung 264.000 lebih narapidana.  “Artinya, singgugan-singgungan sangat mungkin terjadi dan antar narapidana maupun petugas bisa tertular,” ucap dia.

Sementara itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Langsung Kementerian Kesehatan, Dr Wiendra Waworuntu menambahkan, kepadatan hunian lapas dan rutan yang melampaui kapasitas berpotensi tinggi penyakit hepatitis C bisa tertular. “Risiko penularan dan prevalensi hepatitis C tinggi terjadi,” imbuh Wiendra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here