Program Peningkatkan Produktivitas Pertanian Melalui SDGs

0
212

Jakarta, jendelanews.co.id — Sebagai negara yang berkomitmen dalam pencapaian SDGs pemerintah melalui Bappenas telah merumuskan target-target yang ingin¬† dicapai hingga 2030.

Langkah nyata pemerintah Indonesia dalam tujuannya untuk mencapai SDGs terlihat dari  Pencapaian sistem pangan yang berkelanjutan serta pola pangan yang ideal.
Mekanisasi pertanian terus dilaksanakan untuk
meningkatkan produktivitas pertanian.
Struktur demografi Indonesia mengalami perubahan yang dinamis. Urbanisasi terjadi sangat cepat, dengan hampir 53% masyarakat Indonesia tinggal di daerah perkotaan. Kemiskinan masih menjadi isu yang stategis, meskipun demikian
penduduk dengan pendapatan menengah mulai mendominasi struktur perekonomian Indonesia. Konsekuensi dari kondisi tersebut adalah terjadinya pergeseran pola pangan masyarakat. Masyarakat mulai mengonsumsi makanan
yang bernuturisi dan berprotein tinggi serta mulai mempertimbangkan aspek keamanan pangan.

Pertumbuhan ekonomi dan urbanisasimemberikan tantangan tersendiri bagi sektor pertanian. Dinegara berkembang seperti Indonesia, jumlah petani Indonesia semakin berkurang serta didominasi oleh petani dengan usia non produktif. Disisi lain seiring dengan permintaan lahan yang tinggi, konversi lahan pertanian menjadi kondisi yang tidak dapat dihindari. Oleh karena produktivitas dan lahan pertanian yang berkelanjutan harus menjadi perhatian pemerintah untuk menjamin ketersediaan pangan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here