Kadin dan Menteri KKP Bahas Upaya Majukan Sektor Perikanan

0
122

Jakarta,jendelanews.co.id– Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roes|ani yang didampingi jajarannya melakukan pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo untuk berdiskusi dengan para pelaku usaha di Menara Kadin Indonesia, Senin (18/11/2019).

Dalam kesempatan itu, Kadin menyampaikan sambutan positif atas terpilihnya Edhy sebagai Menteri KKP dalam Kabinet Indonaia Maju 2019-2024. “Kami siap menjadi mitra pemerintah, berkoordinasi untuk mensinergikan program dunia usaha dengan program KKP,” ungkap Rosan P. Roes|ani.

Menurutnya, sektor perikanan adalah sektor dengan potensi bear yang perlu dikembangkan lebih jauh, tidak hanya dari nilai ekonominya saja, namun juga dari peningkatan sumber daya manusia serta tata kelolanya, sehingga diharapkan dapat meningkatkan investasi di sektor ini.

“Dunia usaha menunggu gebrakan pemerintah, kita harapkan kebijakan itu bisa pro bisnis sehingga industri perikanan kita berkelanjutan dan investasi banyak masuk,” tambah Rosan.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto menyampaikan pentingnya pengembangan tentang perikanan tangkap dan budidaya, industri pengolahan hasil perikanan, industri bioteknologi perairan, serta perdagangan perikanan dalam negeri dan ekspor yang perlu didorong.

Seperti diketahui sebelumnya, Kementerian KKP menargetkan ekspor di sektor perikanan mencapai 6 miliar dollar AS pada 2020, naik dibandingkan 2019 yang hanya sebesar 5,5 miliar dollar AS.

Sementara konsumsi perikanan dalam negeri, di tahun 2018 mencapai 50,69 Kg per kapita dan tahun ini ditargetkan naik menjadi 54,49 per kapita

“Kita harapkan KKP memberikan dukungan regulasi agar dunia usaha bersama pemerintah bisa mencapai apa yang sudah ditargetkan. Bagaimanapun kemudahan izin bagi pengusaha sangat penting untuk bisa menggerakkan sektor ini,” kata Yugi.

Ke depan, pihaknya berharap sektor kelautan dan perikanan mampu menjawab tantangan

penciptaan lapangan kerja, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan bemontribusi aktif dalam pencapaian target pertumbuhan ekonomi.

ii

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here