SOSIALISASI PENERIMAAN PRAJURIT TNI AL DI KOTA SERANG, NEGARA MENANTI DHARMA BAKTIMU

0
180

Banten,jendelanews.co.id – Sebanyak 215 orang siswa dan siswi dari sembilan SMA dan SMK wilayah Kota Serang menerima Sosialisasi Werving Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Bintara, dan Tamtama TNI AL di Aula SMKN 1 Serang, Banten, Jumat (7/2/2020).

Kota Serang menjadi sasaran kedua Sosialisasi Werving TNI Taruna AAL, Bintara dan Tamtama setelah sebelumnya dilaksanakan di Kabupaten Pandeglang. Antusiasme ditunjukkan para peserta sosialisasi tersebut, terbukti dari meriahnya sambutan para peserta ketika menerima sosialisasi khususnya pada saat Tim Sosialisasi Werving memamerkan seragam kedinasan milik TNI AL mulai dari Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan (PDL), Pakaian Dinas Lapangan Layar (PDL Layar) hingga seragam pasukan elite TNI AL dan lain-lain.

Satu hal yang membuat keadaan menjadi tegang ketika diawal pembukaan acara, Asisten Personil (Aspers) Komandan Lantamal III Kolonel Laut (S) Binsar M Sirait, S.E., M.Si., sebagai Ketua Tim Sosialisasi Werving saat sedang memberikan kata sambutan secara tiba-tiba dibekap dari belakang oleh orang tak dikenal yang menyamar sebagai jurnalis. Sambil mengacungkan senjata api, bahkan orang tak dikenal tersebut tidak sendiri dengan membawa satu orang temannya melakukan aksi pengancaman akan melukai Aspers Komandan Lantamal III tersebut.

Walikota Serang, H. Syafrudin, S.Sos., M.Si., bersama Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Golkariansyah, S.E., M.Tr.Hanla dan para kepala sekolah serta para guru yang menghadiri acara sosialisasi dibuat terkejut oleh kejadian yang secara tiba-tiba tersebut. Pendekatan dengan cara persuasif pun dilakukan, namun para pelaku penyandera mengabaikannya, selanjutnya diambil keputusan tegas dengan melumpuhkan para penyandera oleh pasukan khusus TNI AL sehingga Aspers Komandan Lantamal III dapat diselamatkan. Semua kejadian tersebut adalah simulasi yang merupakan bagian dari acara, selanjutnya aplaus dari para peserta acara kembali bergemuruh di dalam aula.

Melanjutkan sambutannya, Aspers Komandan Lantamal III menyampaikan bahwa simulasi yang ditunjukkan agar para peserta mengetahui kalau TNI AL selain mampu melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) namun juga mampu melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), salah satunya adalah pembebasan sandera.

“Join the navy to see the world” bukan hanya slogan semata, Tim Sosialisasi Werving bahkan menghadirkan salah satu prajurit TNI AL untuk berbagi pengalaman kepada para siswa dan siswi bahwa melalui pengabdian di TNI AL, Prajurit tersebut telah melaksanakan tugas dinas di luar negeri dan mengunjungi beberapa negara eropa.

Diakhir sambutannya, Aspers Danlantamal III menyampaikan bahwa dengan sosialisasi ini diharapkan kepada para siswa SMA dan SMK Kota Serang berminat untuk bergabung menjadi prajurit TNI AL, “Negara menanti Dharma Baktimu”.