Konflik Tanah,Warga Semper Barat Berharap Majelis Hakim Menggunakan Nuraninya

0
186



Warga Semper Barat Rt 16/ Rw 04 kecamatan Cilincing Jakarta Utara mengadakan pertemuan sekaligus syukuran di serambi masjid Al Hidayah atas kunjungan majelis hakim pengadilan negeri Jakarta Utara dalam rangka cek pisik dan sidak lapangan atas perkara perdata No 245/G.pdt / 2019/ PN Jakut.
Konflik sengketa tanah ini berawal dari perselisihan antara H.Makbul dan Purwanto yang sama mengklaim memiliki tanah tersebut.
Pak Purwanto mengklaim memiliki 38 ha tanah berdasarkan vervonding,tetapi ada indikasi alamat pemilik nya berbeda sehingga keabsahan nya di ragukan.
Sedangkan masyarakat yang sudah sejak lama menempati dan mengembangkan lahan tersebut ,sejak masih berupa rawa- rawa menjadi tempat yang layak di huni.Saat ini ada kurang lebih sebanyak 70 KK yang menghuni areal tersebut lebih dari 20 tahun.
luas tanah yang di tempati warga hanya sebesar 1,8 Ha dan saat ini sudah berdiri bangunan permanen juga terdapat masjid Jami Al Hidayah sebagai tempat mereka beribadah dan bersosialisasi.Karena sebelum nya masyarakat sudah mendapatkan ganti rugi atas bangunan tetapi belum mendapatkan penggantian atas tanah mereka yang sejak awal membeli berupa tanah rawa. Saat ini pihak PUPR sebagai pihak tergugat telah mendaftarkan untuk konsinyasi dana ganti rugi atas tanah yang di maksud di pengadilan negri Jakarta Utara guna pembangunan tol Cibitung -Cilincing.
Masyarakat membeli tanah tersebut dari seorang Haji Makbul dan ada bukti kwitansi nya.
Masyarakat berharap dengan cek fisik berupa sidak lapangan diharapkan ada mediasi ,dengan membuktikan keabsahan dokumen yang mereka miliki .
Sehingga pihak pengadilan Jakarta utara ,khususnya bapak Hakim Pengadilan Jakarta utara bisa memutuskan perkara ini dengan hati nurani nya untuk memihak masyarakat yang lemah ,dengan menyelamatkan aset tanah negara sesuai sila ke lima Pancasila yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia .
Demikia tulisan ini yang saya himpun dari berbagai narasumber dan pengamatan dilapangan.