Pangeran Dari Timur

0
188

Jakarta,jendelanews.co.id- Pangeran dari timur merupakan buku novel karya kolaborasi dari Iksaka Banu dan Kurnia Effendi ,yang menceritakan tentang sosok legendaris Raden Saleh syarif Bustaman.Bertempat di Museum Bank Indonesia ,acara launching di meriahkan dengan menampilkan lukisan dan pembacaan buku .

Sosok yang seharusnya menginspirasi kaum milenial dengan ketokohan raden saleh yang pada tahun 1800 an sudah di akui dunia global.
Raden Saleh dilahirkan dalam sebuah keluarga Jawaningrat. Dia adalah cucu dari Sayyid Abdoellah Boestaman dari sisi ibunya. Ayahnya adalah Sayyid Hoesen bin Alwi bin Awal bin Jahja, seorang keturunan Arab. Ibunya bernama Mas Adjeng Zarip Hoesen, tinggal di daerah Terboyo, dekat Semarang. Sejak usia 10 tahun, ia diserahkan pamannya, Bupati Semarang, kepada orangorang Belanda atasannya di Batavia.

Kegemaran menggambar mulai menonjol sewaktu bersekolah di sekolah rakyat (Volks-School).
Raden Saleh adalah seniman Indonesia pertama yang melukis dengan disiplin Barat. Kelak dia dinobatkan sebagai pelopor seni lukis modern Indonesia. 

Pada 1857, Saleh kembali berkunjung ke Eropa dan melawat ke Italia. Tahun 1878  dia kembali ke Jawa, dan mengembuskan napas terakhirnya pada 23 April 1880 di Bogor, Jawa Barat.