Rakor Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Libur Panjang

0
35

Jakarta, jendelanews.co.id — Kepala Staf Guskamla Koarmada I Kolonel Laut (P) Tomi Erizal, S.E., M.M., mewakili Komandan Guskamla I mengikuti Rapat Kordinasi Antisipasi Penyebaran Covid-19 saat libur panjang Akhir Oktober 2029 secara virtual conference (vicon) di Mako Guskamla Koarmada I.

Rapat Kordinasi tersebut dipimpin oleh Menkopolhukam dan dihadiri oleh beberapa instansi terkait diantaranya Kemendagri, Menhub RI, Kepala BNPB, Deputi Bidang Kebijakan Strategis mewakili Menteri Pariwisata, Dirjen Bimas Islam mewakili Menteri Agama, Sekjen Kemnaker, Kasum TNI, Asops Polri, Kakor Lantas, serta 551 Partisipan.

Dalam rapat tersebut, terdapat beberapa pembahasan antara lain perlu antisipasi penyebaran Covid-19 selama pelaksanaan libur panjang dari tanggal 28 Oktober hingga 1 November 2020, dimana tradisi masyarakat dalam penyambutan Maulid Nabi Muhammad SAW dari berbagai daerah memungkinkan terjadinya kerumunan masyarakat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, diperlulan peran serta TNI dan Polri untuk menghimbau masyarakat agar tidak melaksanakan kegiatan yang berkerumun dan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Selain itu, dalam rapat tersebut juga dibahas ancaman badai La Nina. Untuk itu, dihimbau agar masyarakat menghindari daerah rawan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang sewaktu-waktu bisa terjadi.